Jual Kopi Cold Brew Asli Indonesia 0812-8307-7972

 

Belakangan ini Kopi Cold Brew menjadi populer dan selalu masuk ke dalam daftar menu kedai kopi yang semakin menjamur. Beberapa pelanggan mengatakan bahwa, terasa nikmat apabila di cuaca semakin panas seperti ini ditemani secangkir minuman dingin berkafein tinggi.

Mengenal Cold Brew

Kadar kafein yang tinggi pada kopi membuat orang tidak ingin meminumnya lantaran takut insomnia, jantung berdegup kencang, dan asam lambung naik. Lain halnya dengan Cold brew, merupakan metode seduh kopi yang ramah untuk tubuh.

Cold brew adalah teknik penyeduhan kopi menggunakan air bersuhu ruang, ataupun air dengan campuran es serta direndam selama minimal 8 jam dalam suhu ruang maupun pada lemari pendingin. Kopi yang dihasilkan dari metode ini adalah lebih terasa, lebih ringan dan segar.

Rasa pekat dan tebal tergantung beberapa macam faktor seperti, karakter kopi, proses roasting, perbandingan biji kopi dan air, ukuran gilingan, lamanya proses perendaman, jenis air yang dipakai dan suhu ruangan penyimpanan.

Kelebihan Kopi Metode Cold Brew

Memiliki proses yang panjang dan penuh perhitungan tentu saja membuat cold brew mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan proses penyeduhan air panas. Memiliki kadar keasaman rendah, maka aman diminum oleh penderita asam lambung serta tidak membuat jantung berdebar.

Metode cold brew ini, membuat rasanya akan lebih terasa daripada pahitnya karena bubuk kopi banyak mengekstraksi rasa kopi. Taste yang ditimbulkan jika cold brew menggunakan arabika adalah manis atau asam dari buah dan bunga menjadi dominan, serta apabila dengan robusta akan meningkatkan rasa coklat dan manis.

Kelebihan dari Kopi Cold Brew adalah daya tahannya bisa bertahan hingga 2 minggu setelah dibuat. Menyimpan cold brew pada lemari pendingin akan membuat proses penjamuran dan fermentasi berkurang.

Manfaat Kopi Cold Brew

Jual Kopi Cold Brew belakangan ini menjadi menarik perhatian para pencinta kopi. Tidak hanya memiliki rasa dan teknik yang unik dalam pembuatan, kopi dengan metode ini juga mengandung beberapa manfaat bagi Anda. Mari simak ulasannya berikut ini:

  1. Mood Booster

Pada sebuah penelitian yang berjudul Food Components to Enhance Performance membuktikan bahwa kafein mampu meningkatkan suasana hati, jadi apabila mood Anda kurang baik silahkan coba minum secangkir Kopi Cold Brew.

Dalam jurnal Royal Australian and New Zealand College of Psychiatrist menemukan bahwa, tiga ratus ribu lebih orang yang mengkonsumsi kopi, mengaku mempunyai tingkat depresi lebih rendah.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes

Pada penelitian Journal Of Analytical Methods In Chemistry tahun 2012 disebutkan bahwa, cold brew mampu mengatur peptida usus dalam sistem pencernaan yang berguna untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

Dalam sebuah studi yang lainnya telah dibuktikan jika, lebih dari tiga puluh enam ribu orang dengan usia 45 sampai 74 tahun setidaknya meminum kopi empat cangkir dalam sehari, maka memiliki resiko diabetes tipe 2 lebih rendah hingga 30%.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme diperlukan oleh tubuh saat pembakaran kalori untuk meningkatkan energi. Semakin tinggi metabolisme, maka akan semakin banyak juga kalori yang terbuang.

Mengutip dari jurnal The Effect Of Caffeine And Albuterol On Body Composition And Metabolic Rate pada tahun 2015 bahwa cold brew mampu meningkatkan metabolisme hingga 11% yang dapat membantu proses pembakaran kalori di tubuh.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson

Kandungan kafein yang ada dalam cold brew dapat mencegah terjadinya degenerasi pada neuron dopaminergik pada otak, sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit parkinson. Ditemukan sebelas zat lain yang memberikan manfaat dalam menurunkan resiko penyakit tersebut.

Pada kaum wanita ditemukan manfaat kafein untuk mencegah penyakit parkinson dipengaruhi oleh hormon estrogen. Namun manfaatnya terlihat apabila tidak menggunakan terapi sulih enzim, karena bisa mengurangi sifat dari kafein untuk melindungi terhadap kerusakan substansia pada otak.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kopi Cold Brew mengandung beberapa komponen yang bermanfaat seperti phenolic, lignan, trigonolinne serta quinide yang berfungsi meningkatkan sensitivitas dari insulin. Gula darah stabil disebabkan Insulin yang sensitif akan memudahkan tubuh menggunakan glukosa.

Cold brew juga mengandung cukup besar antioksidan yang mampu mencegah inflamasi pada tubuh khususnya jantung dan pembuluh darah. Rutin minum kopi mampu membuat jantung sehat serta serangan jantung hingga stroke akan minim sekali terjadi.

Beberapa Gears Kopi untuk Sajian Cold Brew

Jual Kopi Cold Brew menjadi trend setelah manual brew yang begitu banyak bermunculan dengan berbagai variasi dan tidak boleh dilewatkan. Beberapa gears yang wajib dimiliki bagi Anda pecinta kopi:

  1. Toddy Cold Brew

Gears satu ini menjadi yang terbaik, praktis dan simple. Toddy cold brew dilengkapi dengan dua komponen utama yaitu brewing container yang digunakan untuk tempat menyeduh kopi lengkap beserta pegangan dan glass decanter sebagai tempat hasil seduh.

Bentuk dari toddy cold brew ini sangat simple dan mudah digunakan bagi para pemula. Caranya hanya dengan memasukkan bubuk kopi yang hendak diseduh ke dalam container, tidak perlu diaduk hanya cukup di tenggelamkan dengan gerakan perlahan sekitar 8 sampai 12 jam.

  1. Body Brew Bod

Body brew bod memiliki tampilan modern karena desainnya terlihat menarik. Selain itu, memiliki desain yang ramping membuat kesan stylish semakin terlihat.

Gaya sempurna dari gears satu ini diikuti dengan kualitas nya yang mengagumkan. Body brew Bod sangat mudah dipakai, tidak gampang pecah, tumpah dan bocor bahkan praktis jika ingin dibawa bepergian.

  1. Hario Mizudashi Coffee Pot

Hario Mizudashi Coffee Pot memiliki bentuk carafe minimalis dan menjadi cold brew maker yang elegan. Gears ini dilengkapi dua bagian yang disatukan dengan pitcher ukuran maksimal 1 liter.

Langkah – langkah menggunakan Hario Mizudashi Coffee Pot hanya perlu memasukkan bubuk kopi dalam basket, kemudian tuangkan air dingin atau suhu ruang dan diamkan antara 8 sampai 12 jam. Filter dari gears ini permanen serta juga mudah dibersihkan.

  1. Primula Cold Brew

Primula cold brew merupakan one stop tool yang digunakan untuk membuat cold brew. Cara kerjanya sama dengan brewer lainnya yaitu masukkan bubuk kopi, air dan diamkan kopi seduhannya.

Carafe primula cold brew terbuat dari borosilicate glass. Kelebihan dari bahan tersebut adalah tahan dengan perubahan suhu dan dapat disesuaikan dengan produk primula yang lain, sehingga dapat dipasang aksesoris lain jika ingin mengganti fungsinya.

  1. Brewover Cold Brew

Brewover cold brew merupakan gear yang multi fungsi. Alat ini merupakan perpaduan antara chemex dan V60 sehingga fungsi dalam proses penyeduhan kopi semakin maksimal.

Control valve yang ditambahkan pada gear ini memberikan kendali penuh saat digunakan untuk menyeduh. Oleh sebab itu Anda tidak kebingungan ketika proses penyeduhan selesai.

Bagaimana Cara Membuat Kopi Cold Brew di Rumah?

Konsep dasar dalam pembuatan Kopi Cold Brew adalah mencampur air dingin atau suhu ruang dengan bubuk kopi digiling kasar kemudian didiamkan selama minimal 8 jam dan disaring. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah berikut:

  1. Pada metode kali ini, Kopi Cold Brew dibuat menggunakan alat Hario Mizudashi Coffee Pot yang berukuran 1.150 ml. Dengan alat ini bisa menyajikan untuk 5 cangkir.
  2. Silahkan giling biji kopi pada level medium coarse tidak perlu terlalu halus sebanyak 80 gr.
  3. Kemudian masukkan bubuk kopi yang telah digiling tadi ke bagian saringan atau strainer Mizudashi.
  4. Pasang saringan ke dalam botol kaca atau pot.
  5. Langkah selanjutnya adalah, tuang air dingin atau bersuhu ruang sebanyak 500gr dengan perbandingan kopi dan air sebanyak 1:7. Rasio ini akan berpengaruh kepada kepekatan kopi.
  6. Aduk perlahan agar kopi dan air tercampur sempurna. Sebaiknya Anda tidak menggunakan benda yang berujung tajam untuk mengaduk agar filter tidak rusak.
  7. Kemudian tutup pot Mizudashi dan masukkan ke lemari pendingin. Waktu terbaik dalam proses merendam Kopi Cold Brew adalah 8-12 jam. Namun sesuaikan dengan selera Anda akan durasi lamanya.
  8. Setelah 8 jam atau lebih , silahkan ambil Hario Mizudashi coffee pot dari lemari pendingin. Kemudian lepas bagian saringan atau Jika setelah proses ekstraksi Anda tetap ingin menaruh saringan dalam pot maka rasa yang dihasilkan menjadi terlalu kuat dan pahit.
  9. Kopi Cold Brew siap dinikmati.

Tips Tambahan:

  1. Pilihlah kopi yang segar berumur kurang lebih 2 minggu setelah melakukan proses roasting.
  2. Jangan memilih kopi yang memiliki cita rasa asam rendah, karena hasil seduhan metode cold brew itu sendiri rasa asamnya sudah turun drastis.
  3. Anda bisa menambahkan susu ataupun air dengan rasio 1:3 ( ¼ untuk konsentrat kopi dan ¾ untuk susu atau air).
  4. Silahkan giling kopi sesaat sebelum Anda menyeduhnya dan tidak perlu terlalu halus.

Beberapa Kesalahan dalam Membuat Kopi Cold Brew

Membuat Kopi Cold Brew cukup mudah sehingga Anda bisa membuatnya di rumah serta alat yang dipakai pun tidak harus seperti kedai kopi professional. Meski demikian tetap saja ada kesalahan- kesalahan dalam pengaplikasiannya, seperti:

  1. Kualitas Air

Untuk menyeduh gunakan air yang tidak banyak mengandung alkaline atau chlorine. Air yang telah di filter umumnya dapat meningkatkan rasa menjadi lebih nikmat dari hasil seduhan kopi

  1. Menyeduh Menggunakan Air Panas

Inti dari metode cold brew adalah untuk mengeliminasi kadar keasaman kopi. Oleh sebab itu yang digunakan adalah air dingin atau suhu ruang

  1. Salah Memilih Kopi

Sebaiknya pilih biji kopi yang ketika proses perendaman selama lebih dari 8 jam akan mengeluarkan karakter khasnya.

  1. Mencampur Dengan Bahan Lain

Membuat Kopi Cold Brew merupakan hal yang cukup tricky sebab tidak semua single origin atau biji kopi cocok menggunakan metode ini. Anda harus pintar dalam memilih kopi yang ketika diseduh akan mengeluarkan karakter menakjubkan, tanpa perlu dicampur gula dan sejenisnya.

  1. Waktu Ekstraksi Terlalu Panjang

Waktu ekstraksi rata-rata untuk Kopi Cold Brew adalah 8 sampai 12 jam saja dan tidak lebih dari itu.

  1. Proses Menggiling yang Tidak Tepat

Untuk cold brew silahkan giling dalam level coarse. Apabila digiling terlalu halus akan mengakibatkan rasanya semakin intens dan strong.

  1. Salah dalam Menyimpan

Pilihlah botol yang tidak menyisakan bau apapun agar tidak mempengaruhi rasa Kopi Cold Brew.

Beberapa Varian Cold Brew saat Cuaca Panas

Membuat minuman dingin seperti cold brew sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas yang menyinggahi Indonesia. Berikut beberapa variasi cold brew :

  1. Skinny Frape. Varian cold brew yang smooth, agak manis dan creamy yang rendah gula sehingga aman bagi yang sedang mengurangi gula.
  2. Cold Brew Tonic. Minuman dingin dengan kesan klasik dan segar serta dengan adanya tambahan grapefruit membuatnya akan terasa lebih segar.
  3. Midnight Hour Rum Sour. Memiliki rasa yang sedikit strong membuatnya cocok diminum setelah makan malam.
  4. Coco Moon. Jika Anda membutuhkan asupan kafein yang lebih banyak silahkan coba cold brew varian ini.

Kadar Kafein pada Sajian Cold Brew

Kafein adalah senyawa yang bisa larut dalam air dan terekstraksi secara maksimal apabilla diseduh menggunakan air panas. Namun cold brew berbeda karena untuk mengeluarkan esensi dari kopi, rasa serta konsentratnya harus menggunakan air suhu ruang atau dingin.

Selama Anda mengetahui batas ambang diri terhadap kafein dan mengkonsumsi secara wajar maka tidak perlu khawatir. Dalam cold brew ukuran 300 ml terkandung sekitar 300-350 dan jika ingin mengurangi konsentrasi kadar kafein tersebut silahkan tambahkan es batu atau air dingin.

Dosis kafein yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari pada wanita tidak lebih dari 200 sampai 300 mg dan pria sebesar 300 hingga 400 mg. Sebaiknya hindari mengkonsumsi lebih dari 6 cangkir kopi dalam sehari, karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kenali Perbedaan Cold Drip, Cold Brew, dan Iced Coffee

Berbagai olahan kopi yang beragam ketika berada di coffee shop membuat Anda sedikit kesulitan dalam membedakan antara satu dengan yang lainnya. Seperti menu cold crip, cold brew dan iced coffee sekilas memiliki tampilan mirip, namun ketiganya memiliki perbedaan di antaranya :

  1. Cold Drip

Cold drip dibuat menggunakan metode tetesan dengan alat khusus yang terdiri dari minimal 2 tabung utama. Satu tabung atas berguna sebagai tempat ekstraksi kopi yang akan di teteskan dan bagian bawah untuk menampung hasil seduh serta menggunakan level coarse dalam menggiling kopi.

Proses ekstraksi pada cold drip tidak bisa ditentukan dari berapa lama minimal waktunya, karena harus menunggu kopi hingga habis pada tabung bagian atas. Mempunyai pengatur khusus setelan untuk setiap tetesan yang keluar baik 3 detik, 5 detik dan lainnya.

  1. Cold Brew

Cold brew dibuat menggunakan metode perendaman yang dilakukan selama minimal 8 jam, dan memakai air biasa dengan suhu ruang atau air dingin ketika menyeduh (brewing). Kopi dengan metode ini tidak pernah terkena suhu panas sehingga tidak melakukan proses ekstraksi acidity.

Cold brew dalam proses ekstraksi kopi menggunakan faktor durasi daripada suhu panas dan level gilingan yang digunakan adalah medium to coarse. Alat-alat untuk membuatnya pun sekarang beragam, tidak hanya didominasi oleh Toddy saja.

  1. Iced Coffee

Membuat iced coffee hampir sama dengan menyeduh ala manual brew. Tuang air panas ke kopi yang sudah didinginkan, kemudian tambahkan es batu ke dalamnya atau juga bisa menggunakan cara japanese iced coffee.

Metode ini menggunakan air panas karena diseduh sama seperti manual brew namun dengan suhu yang tidak ekstrim. Rasa yang diperoleh umumnya lebih full bodied dan bitter apabila dibandingkan dengan cold brew.

Itulah penjelasan mengenai Kopi Cold Brew. Walaupun memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, namun harus diingat bahwa konsumsi kopi dalam batas wajar (sesuai takaran).